Kamis, 20 November 2014

BAGAIMANA MENGENDALIKAN JERAWAT?


Teknologi dan penelitian yang semakin maju, memberikan banyak ragam terapi untuk pengendalian jerawat. Pencegahan dan pengendalian jerawat perlu difokuskan pada empat tujuan, yaitu mengurangi lemak yang diproduksi oleh kelenjar lemak (Sebum), mengurangi penumpukan sel-sel mati di lapisan permukaan kulit (Stratum Corneum), mengendalikan radang, bakteri dan jamur (Mikroflora), serta mencerahkan kulit sekaligus meratakan warna kulit yang terkena flek bekas jerawat. Untuk mencegah timbulnya jerawat, penting sekali menjaga kebersihan kulit. Artinya, kulit mesti dibersihkan dengan pembersih yang aman dan efektif (Gentle Cleanser) secara teratur, 3 – 4 kali sehari. Sebaiknya pergunakan pembersih yang keasaman (pH) nya sedikit asam antara 3.0-4,5, dan mengandung asam glikolat atau asam salisilat. Jangan menggunakan sabun yang bersifat alkalis. Gunakan Pelembab dalam bentuk gel yang mudah meresap dan tidak berminyak. Tambahkan produk perawatan yang mengandung bahan keratolitik untuk pengelupasan sel-sel mati di permukaan kulit. Produk anti jerawat seperti vitamin A derivative, asam salisilat, asam glikolat, asam asealik, BPO dan antibiotik topikal dikombinasikan dengan clinical facials di klinik dalam 2 bulan lebih, dapat memberikan hasil yang optimal seperti gambar dibawah ini. Makanan yang mengandung seng (zinc)

dapat membantu mengurangi radang, sementara mengkonsumsi bawang putih dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh melawan bakteri. Hindari panas dan udara lembab yang berlebihan karena dapat memicu timbulnya komedo dan jerawat. Hindari pula mengusap muka dengan tangan yang kotor dan kemungkinan ada bakteri acne.

KENDALIKAN SECEPAT MUNGKIN


Bagi orang Asia, merawat kulit yang berjerawat tidak sekedar kekuatiran akan adanya scars (bekas) jerawat saja, tapi juga sering dibarengi dengan permasalahan lain seperti: flek bekas jerawat (post-inflammatory hyperpigmentation). Bahan-bahan seperti Z-whitener, arbutin, kelompok buah beri, dan superceuticals seperti lumiskin, idebenone complex, saat ini juga digunakan untuk merawat secara topikal flek-flek bekas jerawattersebu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar