Kamis, 05 Maret 2015

Penyanyi Jazz Indonesia

Dulunya penyanyi jazz di tanah air ini belum banyak dikenal seperti sekarang ini, walaupun dulunya penggemar musik jazz terus saja mengalir. Lain halnya dengan saat ini, beberapa musisi jazz yang merupakan pendatang baru cukup banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Alasannya mungkin di era ini banyak sekali acara musik yang sering diselenggarakan oleh beberapa stasiun televisi yang menampilkan nama mereka. Selain itu, alasan mengapa musisi jazz sekarang ini lebih dikenal apalagi kalau bukan karena para penikmatnya seiring waktu lebih bertambah. Nah, berikut ini beberapa profil penyanyi/musisi jazz Indonesia yang sering kita kenal. 

1.   Citra Scolastika
Pemilik nama lengkap Skolastika Citra Kirana Wulan ini merupakan salah satu penyanyi jazz yang merupakan jebolaan ajang kompetisi Indonesian idol di tahun 2010. Permpuan yang menjadi kontestan termuda di Indonesian idol tersebut kini masuk dalam daftar penyanyi jazz Indonesia yang namanya mulai diperhitungkan. Sekeluarnya dari Indonesian Idol, Citra begitu ia akrab disapa semakin populer dengan singlenya yang berjudul Everybody Knew. Kiprahnya di dunia musik kini semakin berkibar setelah beberapa lagu yang dirilis menjadi difavoritkan oleh pecinta musik tanah air.
2.   Tompi
Teuku Adifitrian atau yang memiliki nama populer Tompi ini lahir di Aceh 34 tahun yang lalu. dia merupakan salah satu penyanyi jazz yang masuk dalam daftar penyanyi jazz Indonesia yang banyak difavoritkan oleh pecinta musik tanah air. Suaranya yang khas dan unik ini menjadikan eksistensi Tompi di industri musik juga layak untuk diperhitungkan. Penyanyi yang juga berprofesi sebagai dokter ini, mengatakan bahwa menyanyi baginya bukanlah suatu pekerjaan, karena menyanyi hanyalah side job yang cukup menyenangkan.
                                                                
3.    Andien
Satu lagi penyanyi jazz Indonesia yang masuk dalam daftar penyanyi jazz Indonesia terbaik. Dia adalah Andien atau Andini Aisayah Hariadi, yang merupakan penyanyi muda penyuka aliran musik jazz. Andien mulai belajar bernyanyi sejak umur tiga tahun yang kemudian saat masuk sekolah dasar dia mulai mengikuti beberapa festival musik di jakarta. Dia juga mulai merilis album perdana bertajuk Bisikan Hati di tahun 2000 bulan Februari yang terjual hampir 30.000 keping.
4.   Glen Fredly
Lahir di Ambon, penyanyi yang satu ini memulai kariernya menjadi vokalis Funk Section. Namun, setelah 3 tahun menjadi vokali tersebut Glen memulai karirnya dengan menjadi seorang solois. Album yang dikeluarkan Glen ini berjumlah 8 lagu yang 3 diantaranya menjadi hits seperti Cukup sudah, Kau, Mobil Mama. Bukan hanya hits di Indonesia, namun juga hits di negara tetangga Malaysia. Kini nama Glen yang memilih aliran musik jazz ini cukup layak jika dalam daftar penyanyi jazz Indonesia yang memiliki suara emas.
5.   Syahrani
Perempuan yang akrab dipanggil Rani merupakan musisi jazz yang masuk dalam daftar penyanyi jazz Indonesia yang cukup difavoritkan ditanah air. Ia pernah menjadi wakil Indonesia di ajang Nort Sea Jazz festival di tahun 2001. Bukan hanya menjadi penyanyi, namun Syahrani juga merupakan aktris yang tergabung dalam teater musikal dari Madame Dasima, film Garasi dan lain sebagainya.
6.   Sierra Soetedjo
Sierra Soetedjo adalah seorang pendatang baru dalam blantika musik jazz, yang mendalami vokal di WAAPA (Western Australia Academy of Performing Arts). Sierra juga sempat menjadi bintang tamu dalam album ke-3 Tompi My Happy Life dimana Sierra berduet dengan Tompi dalam lagu Love Letter.
Sierra juga beberapa kali tampil di Java Jazz Festival ataupun duet dengan Katon Bagaskara untuk beberapa lagu Kla Project. Selain itu Sierra juga sering tampil di Salihara Community ataupun dalam Pitoelas Big Band.
Album debut Sierra ini berisikan lagu-lagu pop Barat yang diaransemen secara akustik, sehingga menjadi lebih easy listening, manis dan fresh. Lagu-lagu ini sangat sesuai dengan karakter vocal Sierra yang lembut, manja dan romantis.
7.   Maliq & D’essentials
MALIQ & D'Essentials pertama kali dibentuk pada 15 Mei 2002 dengan berisikan 9 personel. Mengawali karir mereka sebagai band cafe di sebuah pub kecil dalam hotel berbintang lima di Jakarta, memainkan musik-musik yang pada waktu itu belum terlalu lazim diusung di kalangan anak muda. Namun kini setelah hampir 10 tahun berdiri, mereka semakin kompak meski hanya menyisakan dengan 6 personel yang terdiri dari Angga (Vokal), Indah (Vokal), Ilman (Keyboard & Piano), Jawa (Bass), Lale (Gitar) dan Widi (Drum). Kata MALIQ itu sendiri merupakan kependekan dari Music And Live Instrument Quality yang pertama kali digagas oleh Angga dan Widi yang juga merangkap sebagai produser, komposer, arranger dan song writer. Lalu istilah D'Essentials adalah nickname dari personel yang lainnya, namun MALIQ & D'Essentials tersebut tidak bisa dipisahkan dan menjadi suatu kesatuan.
8.   Raisa
Raisa Andriana (lahir di Jakarta, 6 Juni 1990; umur 23 tahun; lebih dikenal sebagai Raisa) adalah seorang penyanyi Indonesia. Ia mulai dikenal setelah membawakan lagu berjudul Serba Salah membuat nama Raisa muncul sebagai salah satu tamu dalam panggung Java Jazz Festival 2011. Dari performa dipanggung bergengsi tersebut, karir Raisa semakin melejit dan membuatnya mendapatkan penghargaan dari Anugerah Musik Indonesia sebagai pendatang baru terbaik. Sebelum bernyanyi solo, Raisa merupakan vokalis band bentukan Kevin Aprilio bernama Andante. Mahasiswi Universitas Bina NUsantara Internasional ini ternyata mulai bernyanyi pada umur 3th dan mempelajari sendiri teknik olah vocal. Raisa ter-influence olehBrian McKnight, India Arie, Stevie Wonder, JoJo, Joss Stone, Alicia Keys, James Ingram, Mariah Carey sampai Whitney Houston. Album pertama Raisa yang diberi judul namanya sendiri diproduksi dan dirilis pada tahun 2011 oleh Solid Records dan Universal Music Indonesia. Produser album tersebut adalah 3 musisi muda dari band Indonesia, yaitu Asta Andoko (RAN), Ramadhan Handy (Soulvibe), dan Adrianto Ario Seto (Soulvibe), didukung oleh Nanda Oka dan Asta Andoko yang berlaku sebagai Executive Producer untuk Solid Records. 
9.   Tulus
Muhammad Tulus Rusydi (lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 20 Agustus 1987; umur 27 tahun) adalah seorang penyanyidan pencipta lagu berkebangsaan Indonesia yang berdomisili di Bandung. Selain itu, pria berdarah Minangkabau ini juga berprofesi sebagai seorang arsitek setelah menamatkan studinya di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.Bernyanyi sejak kecil, Tulus mulai dikenal ketika dia mulai sering bernyanyi di acara-acara komunitas klab jazz dan kampus-kampus di kota Bandung. Semasa kuliahnya dia pernah bergabung dalam Sikuai Band.Album perdananya, Tulus, yang diproduseri oleh Ari Renaldi, dan diedarkan oleh Demajors, dirilis oleh perusahaan rekamannya sendiri, Tulus Record pada bulan September tahun 2011.
10. Calvin Jeremy
Calvin Jeremy (lahir di Jakarta, 6 Mei 1991; umur 23 tahun) merupakan seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Dia menjadi terkenal saat menyanyikan lagu utamanya yang berjudul Dua Cinta Satu Hati. Dia berkarir di dunia musik sejak tahun 2010.Sebagai penyanyi solo beraliran pop jazz, tak heran jika Calvin Jeremy, banyak di gandrungi banyak ABG wanita. Namun Calvin tidak mau membatasi para fansnya dari segi usia dan kalangan tertentu. Pria kelahiran Jakarta 6 Mei 1991 ini, ingin menebus semua lapisan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar